Ini Salah Satu Hal Penting Perkembangan Motorik Bayi Yang Mom Perlu Tahu

Perkembangan motorik bayi

Setiap orang tua pasti setuju jika setiap fase perkembangan motorik bayi merupakan momen kebahagiaan yang tidak tergantikan. Mulai dari lahir, kemudian mulai menggerakan organ tubuhnya, mulai belajar bubbling, merangkak, duduk hingga langkah kaki pertama saat belajar berjalan.

Dari semua fase tumbuh kembang Si Kecil, merangkak merupakan salah satu fase yang tidak boleh terlewati. Dilansir dalam Cogni Kids, faktor kemampuan merangkak sendiri dipengaruhi oleh banyak, mulai dari kondisi lingkungan, hingga sikap orang tua dan pendidikan yang diberikannya.

Berikut beberapa manfaat Si Kecil dilatih memiliki kemampuan merangkak, sebelum mulai belajar duduk dan berjalan kaki.

  • Melatih Perkembangan Fisik

Perkembangan motorik bayi terbagi menjadi dua jenis, motorik halus dan motorik kasar. Untuk motorik halus, fase ini akan dilewati dengan belajar menggerakkan jari, menggenggam makanan, memasukkan jari atau makanan ke mulut, dan lainnya.

Sementara untuk merangkak, ini merupakan fase perkembangan motorik kasar. Selama belajar merangkak, bayi akan belajar banyak hal, mulai dari latihan kekuatan tangan, tungkai, lutut leher, tulang punggung, dan organ penopang lainnya.

  • Pemahaman Spasial

Belajar merangkak banyak mengajarkan hal baru bagi bayi, salah satunya memahami konsep spasial. Dengan merangkak, bayi akan belajar memahami tentang orientasi fisik, perpindahan tempat, konsep lingkungan  dan hubungannya dengan aktivitas harian.

Misalnya, saat merangkak bayi akan mengenali lingkungan kecil di rumahnya, mulai dari ruang tamu, ruang bermain, ruang keluarga dan benda-benda yang ada di dalamnya. Mereka pun akan mencoba mengenali mana tempat yang aman dan tempat yang harus dihindari.

  • Koordinasi Tubuh

Salah satu perkembangan motorik bayi yang sangat penting untuk diperhatikan adalah, kemampuan untuk mengkoordinasikan seluruh anggota tubuh. Kemampuan ini secara umum bisa mulai dilatih dengan aktivitas merangkak.

Penelitian membuktikan selama belajar merangkak, koordinasi otak kiri dan kanan Si Kecil akan meningkat. Kemampuan dasar ini nantinya akan dibutuhkan untuk untuk mengoptimalkan proses penglihatan, pendengaran, dan pergerakan secara bersamaan.

  • Keterampilan Visual

Selama belajar merangkak, bayi akan melihat banyak hal dari sudut pandang dirinya sendiri, dan mencoba mendekati dan meraih hal-hal yang menurutnya terlihat menarik. Kebiasaan ini sangat baik untuk melatih kemampuan penglihatan binokular Si Kecil.

Sebagai catatan, penglihatan binokular merupakan penglihatan dengan menggunakan kedua matanya secara bersama-sama untuk mengenali satu titik fokus. Penglihatan ini sangat baik untuk melatih ketajaman visual anak, kontras sensitivitas, dan jangkauan pandangan yang lebih luas.

  • Kepercayaan Diri

Merangkak akan memberikan kepercayaan diri kepada Si Kecil untuk melakukan hal-hal yang menurutnya menarik. Mereka mulai belajar untuk mengenali lingkungan, berani mengambil resiko dan siap memunculkan semua potensi yang dimilikinya. Info seputar perkembangan bayi selengkapnya bisa Moms akses melalui website KAO Life Academy yang beralamat di https://www.kaolifeacademy.com/ sebagai referensi tumbuh kembang bayi.

Untuk menemani perkembangan motorik bayi, dibutuhkan popok yang tidak hanya nyaman, tapi juga dapat memberikan perlindungan yang optimal, seperti Merries Skin Protection.

Produk ini sangat lembut dan elastis sehingga dapat mendukung pergerakan aktif Si Kecil. Merries Skin Protection hadir dengan lapisan anti-bakteri dan kandungan ekstrak daun teh, yang dapat melindungi Si Kecil dari masalah bau pipis.

Teknologi baru dan pertama di Indonesia tersebut ampuh melindungi Si Kecil dari kuman dan berbagai penyebab masalah kulit, sehingga kulit Si Kecil akan jadi lebih sehat terawat. Popok Merries tersedia dalam berbagai ukuran.

 

Referensi:

Nationwide Children. Diakses pada 2022. Why Crawling is Important for Your Baby.

Cogni Kids. Diakses pada 2022. Crawling – The Most Important Milestone.

Kidspot Australia. Diakses pada 2022. Six Reasons Why Crawling Is Important.