Jenis-jenis Piano yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-jenis piano

Sebelum memulai berlatih dan bermain piano, merupakan sebuah hal yang penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis dari alat musik tersebut. Tentu juga menjadi salah satu pertimbangan bagi And untuk memilih mana yang akan Anda beli dan untuk menyesuaikan permainan musik yang Anda akan tekuni nantinya. Pada dasarnya ada 3 jenis dari alat musik yang dimainkan dengan cara menekan tutsnya tersebut yaitu jenis grand, upright dan digital.

  1. Grand

Berbentuk besar dan cukup memakan tempat. Bagi Anda yang ingin memiliki jenis ini Anda haruslah terlebih dahulu memiliki sebuah ruangan yang cukup besar untuk menyimpannya. Namun jenis ini juga memiliki ukurannya masing-masing yaitu:

  • Model S (Baby Grand).

Ukuran Baby Grand ini sekitar 155 cm, sedangkan lebarnya juga pasti sama karena total jumlah tutsnya ada 88 buah dengan rinciannya 36 tuts berwarna hitam serta tuts berwarna putih yang berjumlah 52 buah.

  • Model M (Medium Grand).

Model Medium Grand ini memiliki panjang 170 cm.

  • Model O (Living Room Grand).

Untuk model yang satu ini panjangnya mencapai 180 cm. Jenis ini juga banyak dipajang di ruang tamu rumah atau di hotel-hotel.

  • Model A (Professional Grand).

Yang ini merupakan jenis yang cukup besar, yakni sekitar 188 cm, biasanya jenis ini banyak dimiliki oleh pianis profesional di rumahnya.

  • Model B (Music Room Grand).

Jenis ini biasa digunakan dalam konser-konser kecil dengan ruangan yang tidak terlalu luas, ukurannya sekitar 211 cm, suaranya menyebar seimbang dan sempurna.

  • Model C (Semi-Concert Grand)

Merupakan versi yang lebih kecil dari jenis Concert yaitu sekitar 227 cm panjangnya. Harganya cukup mahal dan biasa terdapat di tempat-tempat pertunjukan yang eksklusif.

  • Model D (Concert Grand).

Jenis ini merupakan versi super besar dari jenis grand, biasanya dipakai di konser-konser besar misalkan pertunjukan orchestra skala nasional dan internasional serta konser-konser dunia, panjangnya sekitar 274 cm. Suaranya pun sangat jernih dan mengagumkan

  1. Upright

Jenis upright ini yang paling sering ditemukan di tempat-tempat kursus piano. Dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada jenis grand. Selain itu jenis upright tidak memakan banyak tempat sehingga banyak dipilih orang. Jenis-jenisnya antara lain:

  • Spinet

Bentuk upright yang paling kecil hampir menyerupai organ atau keyboard, cocok untuk orang yang memiliki ruangan kecil, tapi suara yang dihasilkan juga terbatas. Tingginya antara 36 hingga 39 inci.

  • Console

Bukan game console, tapi ini juga alat musik. Masuk ke dalam jenis vertikal yang terpopuler, tinggi Console antara 40 hingga 43 inci.

  • Studio

Merupakan jenis yang sama-sama populernya dengan jenis Console yakni berukuran 44 hingga 48 inci.

  • Upright

Merupakan jenis vertikal yang paling tinggi yakni mencapai 45 inci atau lebih.

Nah selain jenis-jenis piano yang ada di atas, ada lagi jenis digital yang merupakan versi modern dari alat musik tersebut. Jenis ini juga sudah banyak ditemui di toko-toko alat musik. Kelebihannya adalah dapat bermain secara otomatis serta merekam permainan. Jenis-jenis yang digital antara lain digital grand dan digital upright, masing-masing memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Nah, dengan demikian Anda sudah dapat menentukan jenis mana yang akan Anda pilih untuk menyesuaikannya dengan jenis permainan serta ruangan yang Anda miliki.