Tak Hanya Swasta, Puskesmas Juga Perlu Miliki Standar Layanan Untuk Kepuasan Masyarakat

Layanan Bidang Kesehatan

Puskesmas merupakan kepanjangan tangan dari Dinas Kesehatan Kota atau Kabupaten sebagai unit pelaksana teknis penyelenggara pelayanan kesehatan. Puskesmas biasanya didirikan untuk mengcover pelayanan kesehatan di satu atau sebagian wilayah kecamatan.

Fungsi utama Puskesmas sendiri adalah, sebagai

  • Sarana unit pelayanan kesehatan strata pertama.
  • Sebagai unit pelaksana teknis penyelenggara program kesehatan Kota atau Kabupaten.

Sebagai salah satu layanan publik resmi yang dimiliki pihak pemerintah daerah, puskesmas diharapkan akan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat, sekaligus menjamin terlaksananya pelayanan kesehatan yang bermutu. Dilansir dari situs platform customer experience CXSense, berikut beberapa penjabarannya.

Standar Pelayanan Minimal Puskesmas

Standar Pelayanan Minimal merupakan dokumen khusus yang menjadi standar atau acuan dalam memberikan pelayanan. Sifat dari standar minimal ini adalah wajib dipenuhi, dalam hal puskesmas, fungsinya sebagai penjamin terlaksananya hak-hak kesehatan masyarakat.

Standar Pelayanan Minimal pada Puskesmas secara garis besar berfungsi untuk;

  • Menjamin terselenggaranya kualitas pelayanan dasar kesehatan masyarakat secara merata.
  • Sebagai pedoman pengukuran kinerja penyelenggaraan bidang kesehatan masyarakat.
  • Menjamin tercapainya kondisi rata-rata minimal yang harus dicapai sebagai bagian dari pelayanan pemerintah kepada masyarakat.
  • Sebagai acuan prioritas perencanaan daerah dalam hal penilaian, evaluasi, dan pembiayaan APBD di bidang kesehatan.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai unit pelayanan kesehatan masyarakat, ada beberapa hal yang wajib dilakukan oleh Puskesmas, diantaranya:

1. Pelayanan Kesehatan Dasar

Salah satu standar pelayanan minimal yang harus dimiliki oleh puskesmas adalah, pemberian pelayanan kesehatan dasar masyarakat, seperti penanganan ibu hamil dan melahirkan, kontrak pertama kesehatan masyarakat, kegiatan promotif, preventif dan kegiatan lainnya.

Sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan dasar, puskesmas dilengkapi dengan standar perlengkapan yang layak dan mumpuni, termasuk menyediakan obat-obatan yang berkualitas dan terjangkau, pelayanan pemeriksaan kesehatan dan lainnya.

2. Pelayanan Kesehatan Rujukan

Puskesmas berperan penting sebagai kontak pertama kejadian kesehatan di masyarakat. Biasanya, untuk kondisi pasien yang tidak tertangani dengan pelayanan puskesmas, mereka biasanya akan langsung memberikan rujukan agar pasien mendapat penanganan medis yang lebi hbaik.

Cakupan layanan ini termasuk dalam pelayanan kesehatan rujukan pasien masyarakat miskin, pelayanan gawat darurat level 1, dan lainnya. Untuk layanan ini dibutuhkan SOP khusus sebagai bagian dari upaya pemenuhan standar pelayanan minimal dari sebuah puskesmas.

3. Penyelidikan Epidemiologi dan Penanggulangan KLB

Seperti dijelaskan di atas, puskesmas merupakan kontak pertama antara masyarakat dengan tenaga medis. Selain dalam bidang kesehatan dasar, hal ini berlaku untuk penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) dan penyelidikan Epidemiologi.

Contohnya dalam menangani pandemi Covid-19, petugas puskesmas berada di garda terdepan dalam tracking pasien, menyediakan layanan fasilitas isolasi mandiri dan isolasi terpusat, menyediakan fasilitas pemeriksaan, penyuluhan, hingga penyelenggara vaksinasi massal.

4. Promosi Kesehatan Masyarakat

Salah satu standar pelayanan minimal yang diberikan oleh Puskesmas adalah penyelenggaraan promosi kesehatan masyarakat, seperti penyuluhan KB, promosi pola makan sehat, dan berbagai program pemerintah lainnya di bidang kesehatan.

Tidak hanya itu, Puskesmas bertanggung jawab dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan Posyandu, Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) dan pemantauan pertumbuhan (gizi), lingkungan dan lainnya.

Untuk menjalankan fungsinya sebagai unit pelayanan kesehatan masyarakat, Puskesmas dilengkapi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional, dan berkualitas, yang terdiri dari profesional di bidang kesehatan masyarakat, seperti dokter umum, bidan dan lainnya.

#WritingCompetitionCXSense