9 Tips Ampuh Mencegah Tidur Supaya Tidak mendengkur

Tips Tidur Sehat

Kebiasaan tidur ngorok atau mendengkur membuat seseorang tidak  nyaman, karena selain tidak nyaman, ngorok juga bisa mengganggu kenyamanan orang lain. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang cara tidur sehat tanpa mendengkur.

Tidur Mendengkur dikaitkan dengan banyak aspek gaya hidup seseorang. Diperkirakan hampir 45% populasi orang dewasa kadang-kadang mendengkur. Namun demikian, ada beberapa langkah praktis yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Mari kita lihat beberapa perbaikan pola hidup sehat yang paling efektif untuk mengatasi masalah tidur mendengkur:

1.Makan makanan yang sehat 

Makan makanan yang seimbang dapat membantu meminimalkan masalah dengkuran. Bahkan sedikit kelebihan berat badan dapat meningkatkan kemungkinan mendengkur. Ada penumpukan jaringan lemak di seluruh tubuh saat kelebihan berat badan. Jika ini menumpuk di area leher, ini dapat berdampak negatif pada jalan napas, yang menghentikan aliran udara masuk dan keluar seperti yang dimaksudkan.

2. Perubahan posisi tidur 

Posisi tidur terbaik untuk meminimalkan dengkuran adalah miring. Jika tidur telentang, ada risiko jaringan lemak berlebih, dagu, dan lidah menekan saluran napas. Masalah ini diatasi hanya dengan tidur miring. Selain itu, terdapat bantal khusus untuk membantu mencapai posisi tidur yang diinginkan. Selain itu, ada pilihan untuk menempelkan bola tenis atau yang serupa dengan bagian belakang pakaian tidur Anda untuk mencegah tidur telentang.

3. Menjaga hidung tetap bersih

Hidung yang jernih memudahkan Anda bernapas melalui hidung saat tidur. Semprotan hidung atau tablet antihistamin adalah pengobatan yang berguna untuk mengobati hidung yang tersumbat alergi.

4. Kurangi konsumsi alkohol sebelum tidur

Meminum alkohol sebelum tidur dapat menyebabkan otot menjadi rileks. Konsekuensi dari hal ini adalah tenggorokan ambruk di belakang saat bernapas, yang meningkatkan perubahan mendengkur.

5. Berhenti merokok 

Merokok cenderung menyebabkan iritasi pada lapisan tenggorokan dan hidung, yang dapat menyebabkan penumpukan lendir dan pembengkakan. Karena adanya peradangan, aliran udaranya menurun yang berarti kemungkinan mendengkur saat itu meningkat.

6. Ganti tempat tidur 

Penumpukan alergen di kamar tidur dapat meningkatkan risiko mendengkur. Untuk alasan ini akan bermanfaat untuk tidak hanya mengganti seprai secara teratur, tetapi juga 7.mengganti bantal. Membersihkan debu pada permukaan kamar tidur secara teratur dapat membantu. Selain itu, jangan biarkan hewan peliharaan tidur di tempat tidur Anda untuk berhenti menghirup bulu hewan.

8. Tetap terhidrasi 

Minum banyak air dapat menghindari masalah sekresi di langit-langit lunak dan hidung menjadi kering dan lengket, yang dapat menyebabkan lebih banyak episode mendengkur.

9. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan juga sangat perlu untuk dilakukan agar terhindar dari masalah tidur mendengkur. Pada  umumnya orang yang buncit atau memiliki berat badan yang berlebih sangat rentan mendengkur apabila sedang tidur. Oleh karena menjaga berat badan ideal juga perlu untuk dilakukan.

Semoga dengan sembilan tips di atas dapat membantu mencegah terjadinya masalah tidur mendengkur dan tetap menjaga pola hidup sehat agar ngorok bisa di atasi sehingga bisa menjadikan tidur jadi lebih berkuwalitas.