5 Tanda Bisnis Anda Mengalami Gangguan Komunikasi

Gangguan Komunikasi Bisnis

Kebanyakan pemimpin bisnis menganggap komunikasi internal yang efektif sebagai pelengkap, yang tidak mempengaruhi untung & rugi bisnis. Jadi, komunikasi internal yang efektif berdampak pada P&L bisnis!

Saat ini, Anda mungkin berpikir apakah Anda telah membangun komunikasi internal yang efektif dalam bisnis Anda. Tidak perlu mencari lagi, berikut adalah daftar periksa untuk membantu Anda mengidentifikasi apakah bisnis Anda memiliki komunikasi internal yang solid.

Berikut lima tanda bisnis Anda mengalami gangguan komunikasi:

1. Karyawan Anda Tidak Tahu Tujuan yang Harus Mereka Capai

Coba ini, berjalan-jalan di kantor Anda, dan tanyakan kepada karyawan mana pun yang Anda temui dengan apa tujuan mereka untuk bulan ini atau tiga bulan ke depan. Jika mereka kesulitan menjawab pertanyaan Anda, perusahaan Anda mengalami gangguan komunikasi.

Manajer harus mengkomunikasikan dengan staf mereka tujuan yang perlu mereka capai. Ini harus cukup ditekankan dengan mengkomunikasikannya sesering mungkin sampai mereka benar-benar menyadari tujuan mereka sehingga mereka mengarahkan semua upaya mereka untuk mencapainya.

Penelitian menemukan bahwa ketika karyawan memahami peran mereka secara keseluruhan dalam bisnis, 90% akan bekerja menuju kesuksesan itu, tetapi jumlahnya merosot menjadi 23% jika tidak.

2. Pekerjaan Tidak Dijalankan Dengan Benar

Ada beberapa kemungkinan untuk ini:

~ Pekerjaan tidak dilakukan seperti yang diharapkan
~ Pekerjaan dilakukan dua kali oleh staf yang berbeda
~ Pekerjaan tidak selesai sama sekali

Semua kasus yang berbeda itu berasal dari kurangnya komunikasi dengan atasan. Bisa dari “faktor staf”, tetapi kemungkinan pemimpin yang tidak secara proaktif dan jelas berkomunikasi dan menanyakan apakah staf membutuhkan penjelasan atau sumber tambahan untuk memenuhi tugas.

3. Karyawan Tidak Mendapatkan Pembaruan Informasi yang Sama

Kecuali rahasia, semua karyawan harus mendapatkan informasi yang sama pada waktu yang sama. Perusahaan Anda mengalami masalah komunikasi ketika staf dari departemen tertentu baru mengetahui pengumuman di seluruh perusahaan dari manajemen, sedangkan staf lain dari departemen yang sama atau berbeda telah mendengarnya beberapa hari sebelumnya.

Alat komunikasi yang tidak sesuai yang digunakan oleh perusahaan dapat menyebabkan hal tersebut terjadi. Jadi, alih-alih membantu karyawan Anda berkomunikasi dengan lebih baik, mereka malah menciptakan kerepotan bagi mereka.

Misalnya, jika perusahaan Anda membutuhkan komunikasi yang cepat dan instan, email atau messenger bukanlah cara yang tepat. Aplikasi walkie talkie, di sisi lain, dapat menjadi solusi yang tepat untuk kebutuhan Anda dalam hal ini.

Kebutuhan yang berbeda membutuhkan solusi yang berbeda pula. Pastikan organisasi Anda menggunakan alat komunikasi yang sesuai yang memenuhi kebutuhan Anda, sehingga mendukung bisnis Anda.

4. Seringnya Mendapat Keluhan Dari Pelanggan

Keluhan pelanggan selalu ada, selama bisnis berjalan. Tetapi, jika Anda mendapatkan keluhan pelanggan lebih dari biasanya, itu adalah indikator gangguan komunikasi di perusahaan Anda.

Bisa jadi customer support tidak mengkomunikasikan keluhan sebelumnya kepada pengembangan produk dengan baik, atau pengembangan produk tidak menginformasikan perubahan produk ke departemen lain dengan jelas, atau cara lain yang memungkinkan.

Komunikasi internal yang tidak jelas biasanya berdampak pada produk / layanan yang pada akhirnya akan menimbulkan banyak kebingungan bagi pelanggan.

5. Anda Memiliki Pergantian Staf yang Tinggi

Pergantian staf adalah masalah yang rumit dan menantang yang dihadapi oleh hampir semua perusahaan di dunia. Ini membutuhkan solusi yang menyeluruh karena sangat mahal bagi perusahaan. Kehilangan seorang karyawan dapat merugikan organisasi hingga 213% dari gaji karyawan.

71% karyawan merasa manajer tidak menghabiskan cukup waktu untuk menjelaskan tujuan dan rencana, itulah sebabnya: berkomunikasi dari sudut pandang “berpusat pada karyawan” dan melatih manajer untuk berbicara dengan jelas dan konsisten tentang semua kebijakan, adalah dua di antara beberapa saran proaktif pendekatan dalam mempertahankan karyawan.

Jangan sampai ilusi komunikasi yang di bawah standar membuat Anda gagal menyadari gangguan komunikasi internal yang dihadapi organisasi Anda. Seperti yang dikatakan George Bernard Shaw, “Masalah terbesar dalam komunikasi adalah ilusi bahwa hal itu telah terjadi.”