Pentingnya Perlindungan Matahari Terhadap Kesehatan kanker Kulit

Perlunya Perlindungan Sinar Matahari Secara Langsung

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung memang sangat berpengaruh dengan kesehatan kulit kita, Terlebih lagi bila kulit mengalami gejala kanker kulit. Gejala kanker kulit akan semakin susah untuk disembuhkan bahkan bisa memperparah kanker tersebut. Oleh karenanya sangat disarankan untuk melindungi tubuh dari sinar matahari secara langsung.

Kanker kulit menjadi masalah yang semakin besar sepanjang waktu. Tingkat kanker kulit meningkat setiap tahun karena lapisan ozon semakin menipis dan kurang mampu menghalangi masuknya sinar matahari yang berbahaya. Radiasi ultraviolet menyebabkan kanker kulit, yang sangat dapat dicegah jika Anda melakukan tindakan perlindungan matahari yang tepat.

Di seluruh dunia ada antara dua hingga tiga juta kasus kanker kulit setiap tahun. Dari semua kanker yang didiagnosis secara global setiap tahun, satu dari tiga adalah kanker kulit. Statistik menyoroti pentingnya melindungi kulit Anda dari matahari. Hanya membutuhkan satu kali sengatan matahari untuk hampir menggandakan risiko terkena kanker kulit.

Selain risiko kanker kulit yang serius, ada hasil yang tidak terlalu berbahaya namun tetap tidak menyenangkan yang harus diwaspadai. Paparan sinar matahari dapat menimbulkan garis-garis, kerutan, dan bintik-bintik penuaan jika kulit tidak terlindungi dengan baik.

Pakaian musim panas ringan yang khas, seperti kaos, menawarkan faktor perlindungan UV sekecil 5. UPF 5 tidak cukup untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan. Kulit Anda bisa terbakar menembus kaos itu. Cara terbaik untuk melindungi kulit Anda adalah dengan memilih pakaian renang dan pakaian pelindung matahari.

Banyak item pakaian renang dan pakaian pelindung matahari menawarkan faktor perlindungan UV hingga 50+. Pilihannya tidak hanya terbatas pada pakaian renang. Anda bisa membeli baju bayi, baju golf, rompi memancing, baju hiking, dan lainnya yang semuanya mengandung pelindung matahari untuk keselamatan kulit Anda.

Pakaian renang pelindung matahari adalah cara terbaik untuk pergi saat Anda berada di pantai atau kolam renang. Pilihannya termasuk pakaian one-piece dengan lengan pendek atau panjang, celana pendek papan, pelindung ruam, dan pakaian renang tradisional dengan SPF.

Anda juga bisa menemukan cover-up, topi, sepatu, dan lainnya agar seluruh tubuh Anda aman dari sinar matahari. Ingatlah bahwa kuncinya adalah menutupi kulit sebanyak mungkin, jadi pakaian minim dan pakaian renang tidak memberikan perlindungan dari radiasi berbahaya matahari.

Tentunya Anda harus selalu mengoleskan tabir surya ke area manapun di tubuh Anda yang tidak tertutup oleh pakaian renang pelindung matahari. Pastikan untuk mengoleskan tabir surya Anda setidaknya 30 menit sebelum keluar, dan gunakan kembali sesering mungkin.

Tabir surya harus memiliki minimal 30 SPF. Jika Anda masuk ke dalam air, pastikan untuk mengoleskannya kembali setelah itu karena dapat membilas saat Anda terkena ombak. Menggunakan tabir surya kedap air dapat mengurangi seberapa cepat ia membasuh, tetapi Anda tetap perlu sering mengoleskannya kembali karena menjadi tahan air tidak berarti tabir surya tersebut bertahan selamanya. Semoga bermanfaat.