Tips Merawat Tanaman Anggrek

Tips Merawat Tanaman Anggrek

Tahukah Anda, Sebenarnya menanam anggrek terkadang bisa menjadi sedikit tantangan. Kebanyakan orang merasa terintimidasi oleh mereka, berpikir bahwa merawat mereka terlalu sulit, tetapi kenyataannya justru sebaliknya.

Untuk membantu Anda, saya akan membagikan kepada Anda beberapa tip yang telah saya gunakan di taman saya sendiri saat menanam dan memelihara anggrek yang akan bertahan selama bertahun-tahun. Pertama, mari kita bicara tentang apa yang perlu Anda lakukan.

Agar berhasil dalam pengembangannya, Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:

1. Cahaya

Kebanyakan anggrek membutuhkan sedikit atau tidak ada sinar matahari langsung. Di pintu, Anda harus mencari lokasi di dekat jendela. Di luar ruangan, penting untuk menyimpannya di tempat teduh. Kondisi cahaya yang baik penting untuk merangsang pembungaan dan pertumbuhan.

2. Air

Air, selain cahaya, merupakan elemen yang sangat penting saat merawat anggrek. Usahakan untuk menggunakan air lunak saat menyiram anggrek Anda, seperti air kemasan, air mengalir, atau air hujan. Hindari kejenuhan air pada akar. Drainase yang baik sangat penting untuk pertumbuhan mereka. Mereka membutuhkan tanah yang ringan dan keropos untuk mencegah pemadatan substrat. Optimal untuk membiarkan tanah mengering sebagian di antara penyiraman.

3. Nutrisi

Ada dua metode pemberian nutrisi pada anggrek. Pertama, nutrisi dapat diberikan melalui air irigasi dengan pupuk khusus untuk tanaman ini melalui akarnya. Kedua, anggrek dapat memperoleh unsur hara melalui pemupukan daun, yaitu penyerapan melalui daun. Untuk mendorong pembungaan, rumus 10:30:20 biasa digunakan. Selama periode lain, rumus seimbang 20:20:20 atau 18:18:18 lebih disukai.

4. Suhu

Ingatlah selalu bahwa anggrek sebagian besar berasal dari daerah tropis. Mereka tidak boleh melebihi paparan suhu di atas 30 derajat Celcius / 86 derajat Fahrenheit. Kelembaban adalah salah satu faktor lingkungan terpenting untuk perawatan mereka. Anggrek membutuhkan suhu hangat dengan kelembaban tinggi sekitar 40% atau lebih.

5. Reproduksi

Anggrek adalah salah satu spesies tumbuhan paling maju di kerajaan tumbuhan yang telah mengembangkan metode reproduksi yang berbeda. Biasanya, pembuahan seksual dari serbuk sari dilakukan. Di sisi lain, reproduksi aseksual terdiri dari pemotongan batang bunga (di atas simpul dan di bawah paku kering) setelah berbunga untuk menumbuhkan bunga baru. Hati-hati menghilangkan kulit tipis yang menutupi ujung node. Dengan begitu, ia mampu menerima lebih banyak cahaya dan merangsang keiki.

6. Transplantasi

Selama umurnya, anggrek membutuhkan sedikit transplantasi. Jika dikompresi, mereka mampu hidup dengan baik bahkan dalam wadah kecil ,. Bahkan, ini malah bisa merangsang pembungaan. Jangan melakukan transplantasi selama periode pembungaan karena perubahan kondisi lingkungan yang tiba-tiba dapat menyebabkan bunga rontok.

Singkatnya, jika Anda ingin menikmati anggrek dalam ketenangan ruang Anda sendiri, coba ikuti tip sederhana ini. Saya akan memastikan bahwa anggrek Anda akan lebih sehat dan lebih hidup dari sebelumnya.

Ingatlah faktor-faktor kunci ini: cahaya, air, dan nutrisi, setelah itu reproduksi akan terjadi. Buat Anda yang gemar menanam anggrek, tips diatas bisa dilakukan dirumah, Semoga bermanfaat.