5 Kesalahan Yang Harus Dihidari Saat Memasang Kabel Jaringan

5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat memasang Kabel Jaringan

Jika Anda ingin pindah ke rumah baru atau segera pindah tempat kerja ke gedung baru, Anda mungkin sudah memikirkan memasang kabel jaringan sebagai salah satu tugas pertama. Tapi tunggu, sampai Anda membaca lebih lanjut. Siapa pun yang mengatakan bahwa “belajar dari kesalahan orang lain”, pasti seorang jenius.

Jadi, mari kita manfaatkan saran tersebut secara praktis dan lihat kesalahan paling umum yang dilakukan saat memasang kabel jaringan. Untuk itu perhatikan beberapa hal yang harus dihindari saat akan memasang kabel jaringan yaitu :

1. Gunakan Kabel Terpisah untuk Suara & Data

Jika Anda bertanya kepada orang yang relevan tentang kesalahan terbesar mereka saat memasang kabel jaringan rumah atau tempat kerja mereka, Anda akan mendengarnya sebagai salah satu jawaban paling umum. Sebelumnya, kabel twisted relatif mahal sehingga orang memilih kabel yang berbeda untuk keduanya. Tapi sekarang pemasangan kabel itu sendiri tidak terlalu mahal.

Faktanya, sistem telepon terbaru memerlukan kabel tingkat data sehingga Anda tidak punya pilihan selain mendapatkan kabel yang sesuai yang mendukung keduanya. Tidak memikirkan kemungkinan Anda menginstal salah satu sistem telepon tersebut di masa mendatang menjelaskan kesalahan besar lainnya.

2. Pilih Kualitas / Versi Kabel Yang Bagus

Koneksi jaringan tidak bersifat sementara. Dengan kemajuan yang sedang berlangsung, akan menjadi kesalahan besar untuk tetap memilih kabel termurah dan paling dasar yang tersedia. Meskipun tidak wajib menggunakan kabel yang benar-benar canggih, ini akan menjadi pilihan cerdas untuk menggunakan kabel Ethernet berkualitas yang mampu memfasilitasi koneksi yang kuat.

Meskipun demikian, Anda mungkin tidak memerlukan kecepatan 10gbps saat ini, tetapi anggap saja 100Mbps juga bukan yang Anda selesaikan.

3. Pengkabelan Paralel dengan Kabel Listrik

Menyiapkan kabel jaringan Anda sejajar dengan kabel listrik dapat mengganggu medan magnet kabel dan menyebabkan gangguan besar. Anda juga dapat kehilangan transmisi pada saat-saat atau komunikasi yang sangat lambat antara kabel yang terjadi. Jadi memutuskan jalur kabel Anda, oleh karena itu, sangat penting daripada hanya melakukannya secara acak.

4. Potong Kabel Yang Pendek / Panjang

Anda tentunya tidak ingin kabel Anda meregang keras untuk menjangkau konektor tujuan mereka. Jadi, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengukur jarak yang tepat dari koneksi Anda dan mengambil sekitar beberapa inci lagi untuk kemudahan. Jangan memotongnya terlalu pendek.

Jika kabel pendek menjadi masalah, kabel yang terlalu panjang adalah masalah yang lebih besar. Setiap kabel memiliki kapasitasnya sendiri dan jika Anda memilih panjang yang lebih panjang dari kompetensinya, Anda mungkin menderita dengan koneksi yang lebih lambat dan sering mengganggu. Jadi, pertimbangkan batasan jarak kabel Anda dengan serius.

5. Jangan Menguji Kabel Secara Bersamaan

Apakah Anda ingin menggaruk-garuk kepala saat pemasangan kabel jaringan Anda selesai tetapi Anda akhirnya menyadari bahwa ada beberapa kabel yang salah yang menolak untuk membantu koneksi? Kami tahu jawabannya. Jadi, cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan memeriksa setiap kabel saat membuat koneksi.

Ini mungkin terdengar menjadi tugas yang memakan waktu mengingat Anda membayar jumlah yang lumayan untuk tenaga kerja tetapi percayalah kepada kami bahwa ini lebih baik daripada membayar mereka (lebih banyak) nanti untuk memperbaiki koneksi baru.

Selain itu, jangan lakukan koneksi sembarangan. Rencanakan sebelumnya dan lakukan pengaturan kabel karena akan sangat berguna dalam jangka panjang dan dapat menghemat banyak biaya tenaga kerja untuk pemeliharaan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kode dan tata cara di wilayah Anda.

Dilihat dari sudut pandang utilitas, pemasangan kabel jaringan saat ini adalah pekerjaan yang sama pentingnya dengan kabel listrik. Jadi, penting untuk mendapatkan kabel yang bagus, peralatan, dan tenaga kerja yang cakap agar tidak menyesal di kemudian hari. Untuk memastikan semuanya berjalan lancar, sebaiknya Anda mempekerjakan profesional untuk pekerjaan tersebut daripada merencanakannya sendiri.