10 Destinasi Wisata Kekinian DI Magelang

10 Destinasi Kekinian Magelang

Magelang merupakan salah satu kota di provinsi di Jawa tengah, Dengan ibukota Mungkid, Kota ini memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan serta tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Magelang tersebut. Magelang banyak mempunyai spot objek wisata keren mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto-foto kekinian, bukit, Taman, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata.

Dan berikut ini 10 tempat wisata keren dan kekinian yang berada di Magelang:

1. Wanaprastha (Gardu Pandang Bambu)

Destinasi wisata yang pertama terdapat di Magelang yaitu Wanaprastha atau gardu pandang bambu ini sebenarnya adalah Kedai kopi atau Bar dengan nuansa bertemakan bangunan bambu serta terdapat menara bambu di puncaknya. pesona yang akan wisatawan dapatkan adalah wisatawan dapat berfoto di menara bambu dengan background gunung Merbabu yang dikelilingi hijaunya persawahan. Dan dari lokasi Wanaprastha ini pun tidak jauh terdapat basecamp pendakian Gunung Andong. Tiket masuk ke Wanaprastha Rp5.000 per orang, dengan biaya tambahan parkir motor sebesar Rp2.000.

2. Kebun Bibit Senopati

Di Destinasi Wisata ini pengunjung akan menemukan berbagai tanaman bunga seperti anggrek, melati, mawar, dan anyelir tertata rapi disini. Taman ini bertemakan nuansa Musim semi, Jadi pengunjung tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri hanya ingin mendapatkan nuansa seperti ini. Anda bisa datang ke daerah Magelang di jalan panembahan Senopati, kelurahan jurangombo Utara, kecamatan Magelang Selatan.

Dengan hanya membayar parkir saja sebesar Rp2.000. Di kebun bibit Senopati ini terdapat dua rumah kaca yang masing-masing digunakan untuk Klinik tanaman rusak dan etalase tanaman. Pengunjung juga bisa belajar merawat dan membiakkan tanaman serta membeli bibit untuk menciptakan musim semi di rumah Anda sendiri.

3. Gunung Andong

Gunung Andong berlokasi di desa girirejo, kecamatan ngablak, Magelang. Gunung Andong adalah gunung Mungil nan menawan dengan ketinggian 1.726 meter diatas permukaan laut. Tidak terlalu tinggi dan waktu pendakian nya hanya sekitar 2 jam saja. Pengunjung yang tidak terbiasa menaiki gunung pun tidak perlu ragu untuk memasukkan Gunung Andong ke dalam rencana perjalanan Anda.

Selama perjalanan di Gunung ini anda akan d temani dengan kicauan burung, semilir angin gunung yang sejuk, dan hutan pinus yang hijau. Meskipun mungil, bukan berarti jalur pendakiannya tidak menantang, masih ada jalan penuh batuan dan pijakan licin serta jalanan sempit di bibir jurang yang harus ditaklukkan. Tapi setelah sampai di puncaknya Anda akan melihat gunung Merbabu dan keindahan kota Magelang yang jauh di bawah sana.

4. Bukit Grenden

Bukit Grenden terletak di desa Pogalan, kelurahan pakis, kecamatan Magelang ini adalah titik awal pendakian yang paling dekat dengan puncak Merbabu. Di tempat ini pengunjung akan terpikat dengan pesona alam dan hawa sejuk nya. Serta kerimbunan hutan pinus yang berselimut kabut serta puncak Merbabu yang berdiri kokoh di kejauhan. Di hutan pinus ini banyak terdapat spot untuk berswafoto seperti gardu pandang, rumah kurcaci, dan gajebo dengan pernak-pernik yang unik.

Spot foto yang paling banyak difavoritkan adalah panggung bambu di bibir tebing batu serta bukit ini menyuguhkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler. Anda bisa menikmati tempat wisata ini dengan tiket masuk sebesar Rp7.500 (Senin-Jumat) dan di akhir pekan biaya nya sebesar Rp12.500.

5. Sendang Maren

Sendang Maren adalah Mata air alami yang jernih sebening kristal. Sejuknya air pegunungan dan indahnya alam pedesaan juga begitu memikat. Tipsnya jika ingin berkunjung ke sini, pengunjung harus membawa kamera bawah air. Karena dari hasil jepretan kamera bawah air inilah Sendang Maren terlihat kejernihannya, Anda tampak seperti sedang melayang karena Air Yang sejernih dan sebening kristal ini, Bergayalah sesuka hati di dalam kejernihan Sendang Maren ini. Dan tentunya tetap waspada terutama untuk mengawasi anak-anak karena air di Sendang Maren ini cukup dalam. Tetap jaga kebersihan karena air nya juga digunakan oleh warga setempat.

6. Rumah Kamera

Pendiri Rumah kamera ini bukanlah seorang fotografer, Namun seorang pelukis Handal bernama Pak tonggol. Dari segi bangunan luar terlihat seperti kamera DSLR, Tak hanya bagian luar saja yang bisa di jadikan objek foto Namun di dalam ruangan banyak terdapat objek foto unik dan sangat menarik. didalam bangunan pengunjung disuguhi berbagai karya lukis dari si pendiri bangunan ini, Berbagai lukisan yang indah dan menarik. Yang paling menjadi spot favorit adalah lukisan 3 dimensi dengan penuh tipuan mata.

Dan bukan hanya itu saja ternyata di atap bangunan ini terdapat spot foto yang tidak kalah indahnya. pengunjung dapat melihat pesona perbukitan hijau sejauh mata memandang dengan Candi Borobudur yang tersembunyi di tengah kehijauan. Tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang (galeri seni dan atap), Rp45.000 per orang (Museum 3 dimensi) dengan berlokasi di desa majaksingi, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang.

7. Top Selfi Pinusan Kragilan

Hutan pinus di lereng gunung Merbabu ini memang sudah disulap untuk menjadi pemuas Hasrat para pecinta selfie dan mereka yang ingin senantiasa eksis di media sosial. top selfie pinusan Kragilan ini berlokasi di desa Pogalan, kecamatan pakis, kabupaten Magelang. Biasanya beroperasi sekitar setiap hari pada pukul 06.00-18:00. Dan di kenakan biaya tiket masuk Rp3000(roda dua) Rp10.000( roda empat).

Di top selfie ini banyak tempat spot untuk berselfie ria dan sangat beragam mulai Ayunan di ketinggian, tempat tidur gantung (Hammock) yang beraneka warna, rumah kayu, jembatan gantung, sepeda pohon, panggung di atas pohon, dan masih banyak lagi dengan di tambah dari pesona hutan pinus itu sendiri dengan deretan pohon pinus yang tertata rapi di perbukitan, sejuknya udara dan pemandangan gunung Merbabu yang tampak jelas melukiskan ciptaan maha karya yang sangat indah nan menakjubkan.

8. Gardu Pandang Silancur

Gardu pandang silancur berlokasi di dusun dadapan, Desa Mangli, kecamatan Kaliangkrik, kabupaten Magelang.
Di sini tidak kalah dari Pinus Kragilan. Di tempat ini terdapat banyak tempat berswafoto, Mulai dari terbitnya matahari hingga malam menjelang. Di pagi hari Pengunjung dapat melihat matahari terbit dibalik gunung Merbabu dari kejauhanan, hingga menjelang senja matahari sudah berpindah dan tenggelam ditemani Gunung sumbing di sebelah barat dan setelah malam tiba pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan gemerlap kota Magelang yang bercahaya Seperti bintang.

Selanjutnya di sekitar gardu pandang silancur ini terdapat destinasi wisata lainya yaitu kebun bunga dan Rumah rabbit. Sayang jika di lewatkan. Disini pengunjung tidak akan pernah merasa bosan karena sejauh mata memandang akan selalu di temani hijaunya alam dan sejuknya udara pegunungan.

9. Balkondes Kenalan

Balkondes ini berbentuk taman yang dipenuhi pendopo pendopo khas Jawa. Terletak di perbukitan hijau. Dari sini pengunjung bisa menikmati pesona pegunungan menoreh dengan santai. Tempat ini juga menjual anyaman pandan dengan berbagai corak yang unik, ditemani alam pedesaan dan udara sejuk pegunungan.

Disini juga menjual aneka kuliner unik seperti bubur leri, slondok, dan minuman Klamijoro. Di sini terdapat Gunung Gondopurawangi yang berjarak hanya 2 km dari tempat ini. Disana akan di suguhkan pemandangan dan panorama alam yang indah dan ada pula Goa yang pernah menjadi basis perjuanagn pangeran Diponegoro pada abad ke-19.

10. Balkondes Ngadiharjo

Destinasi selanjutnya adalah Balkondes ngadiharjo atau kepanjangan dari balai perekonomian desa milik desa ngadiharjo ini memang dapat membuat anda berpikir bahwa anda sedang berada di Italia. Di desa ini terdapat bangunan megah dengan pilar-pilar batu unik dan amfiteater mini ala Romawi kuno.

Teater ini bisa digunakan kan sebagai tempat pertunjukan. dan langsung berhadapan dengan deretan pegunungan menoreh yang hijau dan indah. Tak hanya itu, Di sekeliling terdapat pendopo khas Jawa yang tidak kalah indahnya serta menyadarkan pengunjung bahwa anda masih berada di Magelang bukan di Italia.