10 Olahraga Yang Tidak Disarankan Untuk Ibu Hamil

Olahraga yang tidak disarankan untuk ibu hamil

Aktivitas yang satu ini memang sangat baik dilakukan karena dengan olahraga racun-racun dalam tubuh bisa hilang melalui keringat. Berolahraga memang dianjurkan para ahli agar hidup selalu sehat dan ideal tak terkecuali bagi ibu hamil.

Rutin berolahraga selama hamil memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, Tak hanya untuk si ibu saja tetapi juga untuk si kecil. Penting yang harus bunda perlu diperhatikan apa saja olahraga yang aman dan tidak aman dilakukan ketika ibu tengah hamil.

Berikut ini, 10 olahraga yang tidak disarankan untuk ibu hamil yaitu :

1. Sepak Bola dan Basket

Berpartisipasi dalam olahraga yang beresiko membuat ibu hamil terjatuh sangat disarankan, sebagai contoh sepak bola dan basket. Kedua olahraga ini tak hanya rentan membuat terjatuh, namun juga cedera akibat bertabrakan dengan pemain lain.

2. Menyelam

Kegiatan ekstrem yang melibatkan tekanan tinggi tidak direkomendasikan untuk Anda yang sedang hamil. Misalnya menyelam dan scuba diving. Tekanan kuat di dalam air berakibat buruk bagi janin dan kehamilan secara keseluruhan. dan munculnya gas yang berubah menjadi gelembung udara dapat menimbulkan nyeri, ruam bahkan kelumpuhan

3. Memakai Peralatan Gym

Jenis olahraga berbahaya untuk ibu hamil lain, yaitu berolahraga dengan peralatan gym karena beresiko menimbulkan cedera cukup besar.

4. Sit Up

Sit Up baik untuk dilakukan demi melatih otot tetap kencang dan stabil. namun jika melakukannya saat hamil dapat membuat perut tertekan dan menghambat suplai oksigen menuju janin.

5. Trampolin

Terdengar mudah memang karena hanya butuh melompat. Namun, berbeda ceritanya jika olahraga ini dilakukan ibu hamil karena beresiko mengakibatkan keguguran. Melompat-lompat selama hamil akan menimbulkan guncangan kencang sehingga tak dianjurkan. Selain itu olahraga lain yang sebaiknya dihindari karena banyak melibatkan lompatan seperti berkuda dan volly yang akan berbahaya bagi janin.

6. Aerobik

Aerobik memang bisa membuat tubuh sehat dan bugar. Namun berbahaya jika melakukannya saat hamil besar. Yang perlu Anda ketahui ketika hamil sendi akan menjadi kaku dan beresiko mengalami cedera sehingga dapat mengakibatkan keguguran.

7. Mendaki Gunung

Mendaki adalah olahraga berbahaya untuk ibu hamil. Tekanan yang bisa saja berbeda di kawasan gunung dapat menyebabkan janin kekurangan oksigen, sebaiknya tidak dilakukan selama kehamilan.

8. Tennis

Tennis tidak direkomendasikan karena dalam menjalani olahraga ini dibutuhkan tenaga yang besar untuk memukul bola tennis. Gerakan-gerakan yang lincah seperti berlari mengejar bola juga beresiko menyebabkan ibu hamil terjatuh.

9. Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang tidak direkomendasikan untuk ibu hamil. Sebab ada beberapa resiko yang bisa dialami ibu hamil ketika bersepeda seperti kelelahan dan juga kehilangan keseimbangan.

10. Berlari

Masih ada yang menganggap olahraga berlari aman dilakukan ibu hamil, namun tak ada salahnya untuk menghindari olahraga berlari selama kehamilan. Sebab di saatberlari, guncangan yang terjadi pada perut bisa saja menimbulkan ketidaknyamanan, Anda bisa saja terjatuh saat sedang berlari. Lebih baik mengganti olahraga lari dengan berjalan kaki di pagi hari agar badan tetap sehat dan bugar selama hamil.

Olahraga di atas memang sebaiknya tidak dilakukan atau dihindarkan oleh para ibu hamil. para bunda lebih disarankan untuk melakukan olahraga untuk ibu hamil seperti berjalan, yoga, berenang, dan juga senam hamil. Jika para bunda tertarik untuk melakukan olahraga lain, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu demi mengetahui keamanannya.