10 Tips Mengasah Kereativitas Anak Secara Menyenangkan

Tips mengasah kreativitas anak

Kreativitas merupakan sebuah bagian penting dan tak terpisahkan dalam proses pendidikan seorang anak. terutama pada masa sekarang, keberhasilan seseorang tidak lagi ditentukan pada nilai-nilai akademis semata, karena kreativitas adalah salah satu pondasi agar anak mampu menyelesaikan suatu masalah.

Serta mengasah kemampuan dalam mengambil keputusan, Kreativitas dalam berkarya, Moralitas, Mampu berfikir out of the box dan menjelajah sesuatu Hal yang baru. Dan semua itu bisa menjadi modal untuk kesuksesan anak, apapun bidang yang dipilihnya kelak, dokter, arsitek, sutradara, ataupun jurnalis,

Berikut ini 10  Tips cara mengasah dan mempertajam kreativitas anak dengan cara menyenangkan:

1. Bermain

Bermain bisa menjadi media untuk mengembangkan kreativitas anak. Sediakan berbagai macam mainan untuknya. Anda bisa membelinya tentu saja tidak harus mahal atau anda bisa membuat sendiri dengan bahan-bahan yang ada. Selain itu, beri ia kesempatan untuk bermain di luar rumah, mengenal alam, dan bermain dengan teman-temannya. Dengan cara itu anak anda akan kaya dengan pengalaman dan terbiasa berinteraksi dengan lingkungan yang akan membuatnya belajar banyak hal,termasuk menyelesaikan masalah.

2. Berikan Informasi Secara langsung

Untuk memberikan informasi, kita bisa menyesuaikan nya dengan usia anak kita. kita bisa melakukannya dengan cara mendongeng, membacakan buku cerita, mengajak anak mengunjungi museum, atau tempat tempat bermain yang mampu menumbuhkan kreativitas anak.

Menumbuhkan kreativitas pada balita bukanlah hal yang terlalu sulit, balita memiliki semangat eksplorasi dan kemauan belajar yang tinggi. Kita bahkan bisa melakukannya dirumah dalam bentuk kegiatan sederhana yang menyenangkan bagi si kecil. Misalnya menggunting, mewarnai, menemukan benda-benda bermain, tebak gambar, bermain tebak suara, dan lain sebagainya.

3. Biarkan Anak Berimajinasi

Cara melatih imajinasi nya adalah dengan membacakan buku setiap hari, Berikan kesempatan untuk memilih buku yang ia sukai. Libatkan anak saat membacanya dengan memintanya mengira-ngira suara seorang tokoh atau karakternya, selain mengasah imajinasi membacakan buku dan mendongeng akan mengenalkab banyak bahasa baru kepada anak. Ajak juga anak bermain Role Play, misalnya memintanya menjadi seorang koki atau dokter dengan menggunakan perlengkapan mainan. Dengan itu, anak bisa berimajinasi dan berusaha memerankan tokoh yang dimainkan.

4. Hindari Kata Salah

Terkadang reaksi atau imajinasi anak tidak sama dengan anak sepantaran nya, misalnya, ia menggambar mobil dengan roda segitiga, jika hal ini terjadi, usahakan anda tidak berkata ” SALAH” akan imajinasinya.  Anda bisa mengungkapkan kata menarik sekali, lalu anda menanyakan kepadanya tentang mobil tersebut ” apakah mobil tersebut bisa jalan tidak, jika rodanya berbentuk seperti itu”. Dengarkan dulu penjelasannya, Siapa tahu Ia membuat gambar tersebut karena rodanya rusak.

5. Berikan  Pujian

Selalu memberikan pujian jika anak melakukan sesuatu yang kreatif. cara itu akan membuat anak terdorong untuk berimajinasi dan mencari hal-hal baru yang akan mencuri perhatian anda. Namun juga selalu ingatkan anak bawah tidak masalah jika melakukan kesalahan, karena dari situlah justru ia akan tahu dan mencoba kembali serta mencari solusinya.

6. Jangan Memaksa

Jika anak Anda tidak menunjukkan bakat atau kreativitas, anda tidak perlu terlalu memaksa. Yang bisa anda lakukan adalah memberikan stimulasi untuk memancing kreativitas nya keluar, karena semua butuh proses dan waktu untuk fokus mengembangkan kreativitas anak.  Ajaklah anak untuk mengikuti kegiatan bermain perlahan-lahan pasti akan terlihat. Yang paling penting adalah anak harus melakukannya dengan enjoy dan antusias.

7. Lihat Minat dan Bakat Anak

Coba Anda mulai memperhatikan apa yang disukai oleh anak anda, apakah anak senang menggambar, menumpuk barang, berolahraga, menari, atau hal lain sebagainya. Setelah anda mengetahui kegemarannya mulailah Anda mengasahnya sejak dini. Misalnya jika anak anda menyukai seni maka anda harus memasukkannya ke sanggar seni. Dengan demikian kemampuan anak akan terasa dengan baik.

8. Melatih Kemandirian Sikecil

Dengan melatih kemandirian si kecil, sesungguhnya kita telah membantunya untuk memiliki percaya diri dan melatih gerakan-gerakan otot tubuhnya. dengan demikian si kecil akan selalu berupaya untuk mengembangkan kemampuan di bidang lain.

9. Bebaskan Anak Bereksplorasi

jika anak Anda sudah dibekali dengan rasa ingin tahu yang tinggi biarkan mereka melakukan eksplorasi terhadap dunia di sekitarnya. Tentu saja Anda perlu memberitahu mana yang bahaya dan tidak. Misalnya dengan memberi tahu bahwa api itu berbahaya, api terasa panas dan bisa melukai dengan cara mendekatkan nyala api ke dekatnya. Ada juga harus menjawab semua pertanyaanny mengenai berbagai hal, sebab itu anda perlu membekali diri dengan bermacam pengetahuan.

10. Liburan Kreatif

Liburan kreatif untuk anak tidak harus mahal, namun yang terpenting sesuai dengan minat anak, hal ini bisa dilakukan di rumah dengan cara berkebun, mendekorasi kamar, dan masih banyak lagi, Atau Anda bisa juga mengajak keluar rumah seperti bermain permainan outbound. Dengan begitu anak akan mendapatkan banyak pelajaran bersosialisasi, bekerjasama, toleransi, dan tentu saja menyenangkan.

Nah demikianlah 10 cara mengasah dan mempertajam kreativitas anak secara menyenangkan, Semoga bermanfaat kepada Orang tua yang ingin menjadikan Kreativitas anak semakin tumbuh. Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.