Cara Benar Merawat Sepatu Kets Pria Agar Tetap Awet

Merawat Sepatu Kets Pria

Para pria nampaknya sudah sangat akrab dengan sepatu kets atau yang biasa disebut dengan sneakers. Dibanding dengan para wanita, sepatu ini lebih sering dipakai oleh kaum pria. Apalagi para pria biasanya lebih cuek soal penampilan. Seringkali mereka terlihat memakai kaos atau kemeja dan sepatu kets atau sneakers. Sepatu kets pria umumnya juga dapat dipakai oleh kaum wanita, tapi sebaliknya tidak dengan sepatu kets untuk wanita. Disinilah letak keunikannya.

Sepatu kets awal mula diperkenalkan di negeri Belanda pada tahun 1916. Dimana nama tersebut sebenarnya merupakan sebuah merk sepatu yaitu “Keds”. Produsen Keds lah yang mempelopori dan menciptakan sepatu berbahan kanvas. Awal mulanya, perusahaan pembuat Keds ingin memakai merk “Peds” (ped=kaki), namun ternyata nama tersebut sudah dipakai sehingga diganti menjadi “Keds”.

Bahan sepatu kets umumnya adalah kanvas dengan sol karet. Dalam sebuah iklan promosinya, sepatu kets dipakai para gadis yang berjalan mengendap-endap menghampiri pacarnya tanpa ketahuan. Oleh karena itu, di Amerika Serikat sepatu kets disebut sneakers (sneakers = pengendap-endap). Di negara Inggris sepatu ini dikenal dengan nama plimpsoll atau sand shoes dan di Kanada disebut running shoes. Sementara di India, penyebutan sepatu ini sama dengan di Indonesia yakni keds.

Sepatu kets pria dapat dipakai di hampir semua acara, termasuk acara resmi. Namun, biasanya para pria lebih cuek soal merawat sepatunya. Itulah sebabnya sepatu mereka relatif lebih tidak awet dan cepat rusak. Faktor lain rusaknya sepatu kets adalah cara merawatnya yang salah. Berikut ini cara mensiasati perawatan sepatu kets yang baik dan benar:

1. Sepatu kets umumnya terbuat dari kanvas yang tidak waterproof, sebisa mungkin jangan terlalu sering terkena air hujan. Karena juga bisa membuat lem cepat terkelupas. Segera keringkan apabila basah.
2. Bersihkan segera sepatu yang terkena kotoran, jika ada lumpur atau tanah yang melekat di sepatu segeralah bersihkan setelah dipakai, kotoran akan lebih susah hilang jika dibiarkan terlalu lama.
3. Cuci sepatu secara manual bukan dengan mesin cuci. Gunakan sikat kasar dan halus, serta deterjen yang lembut. Sikat kasar untuk bagian bawah sol yang sulit dibersihkan dan sikat yang halus untuk body sepatu.
4. Keringkan sepatu di tempat yang teduh, tidak langsung terkena sinar matahari.
5. Gunakan sepatu dalam kondisi kaki yang kering, usahakan selalu memakai kaos kaki. Kaos kaki juga bisa berguna untuk menyerap keringat pada kaki sehingga sepatu tidak lembab dan bau.
6. Selesai dipakai, taruh sepatu di tempat yang bersih dan terhindar dari gigitan tikus. Taburi kopi atau masukkan 2 kantong teh ke dalam sepatu agar sepatu tidak mudah bau. Bisa juga dengan silica gel yang diganti 2 minggu sekali.

Jika tidak sempat untuk mencuci sepatu sendiri, sekarang ini sudah banyak sekali laundry khusus sepatu. Dengan belasan hingga puluhan ribu saja, sepatu Anda sudah nampak bersih terawat kembali. Sepatu kets pria biasanya lebih cepat bau, karena pria berkeringat dua kali lebih banyak daripada wanita. Oleh karena itu, yang terpenting adalah rawat kaki Anda seperti dengan merendam kaki dengan air hangat dan garam atau menggunakan anti perspirant kaki. Belilah sepatu lebih dari satu sehingga bisa mengistirahatkan sepatu yang lain, dengan demikian sepatu kets kesayangan Anda tidak akan mudah rusak meski sudah bertahun-tahun.