Kepingin Buka Kedai Kopi Tapi Gak Punya Modal, Bisa Coba Jalur Ini Aja!

Pinjaman

Saya mau cerita sedikit nih guys. Selain pecinta kopi, saya juga pemilik dari sebuah bisnis kopi. Belum terlalu terkenal sih, tapi soal cita rasa gak kalah juara sama yang lain. Bisnis ini bisa dibilang dimulai dari hobi. Selain rasanya yang khas dan otentik, kopi juga memiliki market yang gede banget.

Apa kamu seorang pecinta kopi guys?. Oke, tentu semua orang sudah mengenal kopi dengan berbagai varian pembuatannya. Banyaknya pecinta kopi dan penikmat kopi membuat banyaknya kalangan muda membuka usaha kedai kopi.

Usaha ini biasanya berawal dari keisengan membuat kopi hingga akhirnya membuat kopi dengan racikan sendiri yang berbeda dengan lainnya dan memiliki nilai jual di masyarakat. Modal juga gak terlalu besar kok untuk diawal. Kalau udah punya tabungan sih enak, tapi kan gak semuanya punya tabungan. Kalau dibiarin gitu aja, takutnya ide keburu basi dan udah gak ada motivasi lagi buat ngejalaninnya.

Banyak yang membuka kedai kopi dengan desain interior klasik dan menarik sehingga membuat pembeli lebih nyaman saat meminum kopi dan dapat mengabadikan momen minum kopinya melalui media sosial. Hal ini tentunya akan membuat tag location pembeli diincar oleh pembeli lainnya. Tapi jika memang terkendala dengan modal, saran saya yang penting jalan aja dulu dengan modal yang minimalis. Seiring waktu, usaha kedai berkembang baru di scale up lagi untuk layanan-layanan lain maupun merubah layout kedainya.

Buat yang kesulitan modal awal, bisa disiasati dengan beberapa sumber pendanaan. Misalnya lewat pengajuan di bank. Tapi biasanya pinjaman di bank memerlukan agunan serta dokumen yang lengkap, jadi sebaiknya dipertimbangkan dulu kira-kira apa yang bisa diberikan sebagai jaminan.

Nah, khusus untuk yang perlu modal sedikit saat ini juga sudah banyak tuh pinjaman online lewat aplikasi yang bisa kamu pilih. Sebut aja Tunaiku, Tunaikita, Koinworks, Financer dan puluhan pinjol lainnya. Tapi kalo saya lebih suka pinjam dana tunai di Maucash, alasannya sederhana aja. Selain gak ribet, prosesnya juga cepet banget dan ada pilihan yang bisa kita pilih tuh kalo kamu cek di websitenya.

Banyak ide untuk memulai usaha kopi ini, biasanya dimulai dari angkringan atau kedai kopi kecil. Semakin lama dan semakin banyak pelanggan maka seorang pebisnis kopi akan semakin memperluas kawasan penjualannya bahkan dapat membuka beberapa cabang. Berikut adalah ide bisnis kopi dengan modal sedikit diantaranya:

• Brand cold brew yaitu menyeduh kopi dingin. Biasanya pebisnis kopi hanya perlu menyediakan alat seduh dingin, pastikan membeli alat sesuai dengan kebutuhan dan budget.

• Penjual biji kopi, yaitu menjual biji kopi ke kedai kopi atau kepada orang yang menyukai kopi. Seorang penjual kopi harus memiliki produsen kopi terbaik dengan pemilihan biji kopi terbaik.

• Kedai kopi manual, yaitu membuat kopi dengan alat-alat manual yang harganya murah tetapi dapat menyajikan kopi dengan kualitas terbaik.

• Coffee bike atau coffee truck, yaitu menjual kopi dengan gerobak di pinggir jalan atau berkeliling. Untuk bisnis kopi seperti ini gerobak atau truk mini yang digunakan haruslah mencolok dan menandakan bahwa seseorang sedang berjualan kopi.

Ide diatas sudah banyak yang melakukannya tetapi untuk ide yang keempat masih belum banyak. Biasanya orang lebih menyukai kopi dengan posisi yang santai dilengkapi dengan makanan tambahan atau cemilan. Kelebihan adanya gerobak kopi ini yaitu orang-orang yang sedang berjalan kaki dapat memanfaatkan hal ini tanpa perlu mampir ke kedai kopi dan dapat menjangkau rumah-rumah.

Berikut adalah tips memulai bisnis kopi diantaranya:

• Target pasar yang akan dijadikan konsumen kopi dan pastikan memiliki pinjaman yang terpercaya untuk mendukung modal usaha.

• Pilih lokasi bisnis kopi yang berdekatan dengan tempat kerja atau kampus atau pusat kegiatan masyarakat.

• Pastikan menggunakan produsen kopi terbaik.

• Buat konsep bisnis kopi, dari segi penjualan, pemasaran dan sumberdaya manusia yang diperlukan.

• Gunakan menu dan tampilan kopi yang menarik.

• Karyawan yang ramah untuk memberi pelayanan terhadap pembeli.

Tips diatas dapat dilakukan jika minat terhadap usaha tinggi. Usahakan jangan takut gagal karena bisnis kopi ini sudah banyak, jadi buatlah kopi yang memiliki inovasi atau menggunakan kopi dari produsen yang terkenal menghasilkan kopi. Untuk memanjakan para pembeli beri tambahan menu makanan ringan maupun makanan berat, sehingga pembeli akan betah dan menjadikan kedai kopi sebagai pilihan untuk menikmati kopi sekaligus makan.

Untuk menjaga pinjaman tetap berada di rencana seperti membeli alat untuk mengolah kopi, biaya promosi hingga memberi perlengkapan. Pastikan pinjaman diarahkan sesuai rencana anggaran dan dituliskan sumber keuangannya sehingga uang tidak mudah habis tanpa adanya kemajuan usaha. Dari uang pinjaman maka sisihkan dana khusus yang menjadi dana darurat, uang tersebut dapat digunakan membayar biaya jika usaha mengalami defisit dan pastikan tetap menyisihkan keuntungan untuk kembali membayar pinjaman.