Gimana Cara Dan Prosedur Klaim Asuransi Rumah

Asuransi Rumah

Memang pada dasarnya selain asuransi kesehatan dan juga asuransi jiwa, maka satu lagi jenis asuransi yang penting untuk dimiliki adalah asuransi properti yang memang menjadi harta benda berharga bagi Anda. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis asuransi yang satu ini bukan.

Fungsinya tidak lain adalah dengan melindungi hunian sebagai salah satu aset yang sangat penting. Jika kelak terjadi sesuatu yang terjadi seperti kebakaran, kemudian juga resiko terkena bencana alam maka tinggal mengajukan klaim. Cara klaim asuransi tersebut juga tergolong mudah dilakukan.

Di Indonesia sendiri kehadiran berbagai macam perusahaan asuransi memang semakin marak, disertai dengan agen-agen yang menawarkannya.

Sehingga tidak heran jika seandainya masyarakat atau calon nasabahnya sendiri terkadang juga bingung untuk menjatuhkan pilihan, ingin membeli asuransi dari perusahaan yang mana, karena memang semuanya memiliki plus minusnya masing-masing, sehingga tidak bisa asal dalam memilih jika tidak ingin rugi.

Mengingat bukan hal yang baru juga jika seandainya banyak diantara perusahaan asuransi saat ini yang mengalami lapse, sehingga tidak mampu membayar tanggungannya kepada peserta asuransi mereka, tentunya sangat merugikan bagi Anda bukan.

Perusahaan yang bagus biasanya akan memiliki kondisi keuangan yang sehat, namanya sudah terkenal dan pastinya juga menawarkan banyak pilihan produk dengan reputasinya yang baik. Begitu juga dengan cara klaim asuransi mudah.

Berbicara mengenai asuransi properti ini sendiri, maka berikut ada beberapa tata cara atau prosedur dalam mengajukan klaimnya yang patut untuk Anda ketahui, yaitu:

1. Sebaiknya segera melakukan pelaporan atau klaim secepat mungkin, agar nantinya klaim bisa disetujui, maka hendaknya Anda jangan menunda-nunda waktu pelaporan, harus dilakukan sesegera mungkin. Apalagi pada dasarnya setiap perusahaan asuransi tersebut memberikan batas atau jangka waktu yang berbeda-beda, mulai dari 7 hingga 30 hari pada saat terjadi kerusakan atau masalah pada hunian yang sudah diasuransikan tersebut. Pertama Anda cukup menghubungi pihak asuransinya, baru kemudian akan diberikan informasi apa-apa saja yang harus disertakan dan dibawa untuk ajukan klaim.

2. Sertakan keberadaan dokumen pendukung, agar nantinya pengajuan klaim bisa berlangsung secara lebih cepat dan langsung disetujui, maka wajib bagi Anda di dalam menyertakan keberadaan dokumen pendukung untuk klaimnya tersebut. Mulai diantaranya adalah menuliskan informasi tanggal kejadian, lokasi kejadian, daftar kerusakan dan juga estimasi ganti rugi yang dibutuhkan untuk perbaikannya. Begitu juga dengan beberapa berkas lainnya layaknya polis asuransi, proposal penawaran harga dan sebagainya.

3. Segera isi formulir klaimnya, ini berlaku pada setiap jenis klaim, entah itu asuransi kesehatan, asuransi jiwa ataupun yang lainnya. dimana nantinya Anda harus mengisi form yang menunjukkan klaim, formulir ini bisa didapatkan secara mudah dari kantor cabang perusahaan asuransi yang bersangkutan, bahkan juga ada yang dapat diunduh secara online langsung dari situs resminya, sehingga jadi jauh lebih mudah bukan.

4. Langsung ajukan semua berkas tersebut untuk bisa segera dapatkan ganti ruginya, setelah semuanya lengkap, jadi proses akan dilakukan lebih cepat.

Mudah bukan, cukup dengan mengikuti beberapa langkah di atas saja jika seandainya Anda ingin melakukan klaim pada asuransi properti. Cara klaim asuransi ini sangatlah mudah jika Anda membeli asuransi dari perusahaan yang tepat.