Wisata Di Wilayah Timur Indonesia Yang Wajib Di Kunjungi

Tempat Wisata Di Timur Indonesia

Indonesia memang negeri kaya, memiliki banyak pulau dengan keindahan yang terkenal banget hingga mancanegara. Wilayah Timur Indonesia juga termasuk yang memiliki banyak lokasi wisata amazing, kamu harus coba liburan ke sana!

Soal rute perjalanan bisa mencari info dengan browsing, termasuk penginapan dan transportasinya. Di Indonesia udah ada maskapai penerbangan yang membuka rute ke wilayah Indonesia Timur sampai Papua, salah satunya, Sriwijaya.

Sriwijaya merupakan maskapai penerbangan Indonesia yang mempunyai standar pelayanan lebih (full service), sehingga kamu gak perlu ragu.

Kamu bisa pesan tiketnya melalui online travel agent (OTA), pemesanan melalui OTA ini, kamu bisa beli tiket Sriwijaya murah. Maskapai ini memang memberikan penawaran tiket murah dan tiket promo. Beberapa rute Sriwijaya ke wilayah Timur Indonesia: Maluku, Makassar, Ende, dan Sorong.

Pembukaan rute wilayah Timur Indonesia merupakan perkembangan yang pesat dari maskapai Sriwijaya yang didirikan sejak tahun 2003. Awal diresmikannya maskapai ini, hanya memiliki rute penerbangan Jakarta-Pangkalpinang. Namun kini, Sriwijaya memiliki rute penerbangan di seluruh Indonesia hingga Penang-Malaysia.

Kalau kamu berencana mengunjungi beberapa wisata di wilayah Timur Indonesia, berikut ini ulasannya:

Danau Kelimutu

Danau Kelimutu adalah wisata alam di Pulau Flores- Nusa Tenggara Timur. Danau ini eksotis banget! Ia terkenal dengan keajaibannya, yaitu mempunyai tiga warna, yaitu putih, biru, dan merah.

Danau Kelimutu berada di puncak Taman Nasional Kelimutu, dan merupakan Wonderful Indonesia. Gak kebayang, kan, betapa indahnya? Terbayarlah semua keletihan menempuh tempah wisata ini.

Sebenarnya tiga warna air di Danau Kelimutu bukan keajaiban semata, tetapi sudah dibuktikan secara ilmiah oleh Y. Bouman yang berasal dari Belanda. Warna-warna yang terlihat di danau Kelimutu disebabkan oleh adanya kandungan lumut, batu-batuan, dan mineral di dalam kawah disertai dengan pantulan sinar matahari.

Terlepas dari hal ilmiah tersebut, Danau Kelimutu telah menyuguhkan kekeindahan sendiri bagi setiap pengunjungnya.

Rute ke Danau Kalimutu bisa turun di Ende, yaitu Bandara Hasan Aeroeboesman, lanjut ke Maumere, turun di Desa Moni, baru menuju Danau Kalimutu dengan ojek. Menempuh jarak yang tidak dekat, tetapi seperti yang sudah diulas di atas, tempat wisata ini memiliki keindahan yang luar biasa hingga menjadi Wonderful Indonesia .

Pulau Ombo

Jika Flores memiliki Danau Kelimutu, maka Ambon mempunyai Pulau Ombo yang amazing. Pulau Ombo merupakan kawasan konservasi, terkenal dengan satwa langka burung pombo, dan memiliki laut yang luar biasa jernih, juga pasirnya yang terhampar putih. Di sini kamu bisa menikmati wisata alam bawah laut yang masih perawan. Selain itu, terdapat pemandangan pegunungan Salahutu yang eksotik.

Perjalanan ke Pulau Ombo dari Bandara Pattimura Ambon, dilanjutkan ke Pelabuhan Tulehu sekitar 1 jam. Setelah sampai Pelabuhan Tuhelu bisa naik perahu katingting atau speedboat menuju Pulau Ombo.

Jangan lupa untuk membawa peralatan menyelam karena di sini tidak ada persewaannya, Pulau Ombo benar-benar merupakan objek wisata alam yang belum banyak tersentuh wisatawan.

Raja Ampat

Sebenarnya Raja Ampat bisa disebut salah satu wisata terindah di dunia, karena memiliki pemandangan bawah laut yang begitu luar biasa! Terdapat spesies laut yang tidak biasa, seperti ikan duyung, kuda laut katai, ikan pari manta, wobbedong, penyu, dan lain-lain.

Belum lagi flora dan fauna di darat yang masuk kategori satwa-satwa langka di dunia. Di sini Anda bisa menemukan cenderawasih, burung kakak tua, maleo waigeo, serta aneka tumbuhan anggrek yang cantik.

Wisatawan mancanagera banyak yang berlomba-lomba menuju Raja Ampat. Maka selayaknya sebagai warga Indonesia, kamupun wajib mengunjungi lokasi wisata ini.

Jika perjalanan di mulai dari Bandara Sorong, Dominique Edward Osok, kamu bisa lanjut dengan naik angkutan ke Pelabuhan Sorong. Setelah di Pelabuhan Sorong, kemudian naik lagi perahu masyarakat setempat, perahu ini berlayar ke Raja Ampat pukul selama dua jam.

Banda Neira

Obyek wisata bahari yang berada di Pulau Banda, Maluku. Laut Banda Naira selain airnya bening, memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Di sini Anda bisa menikmati wisata snorkeling, diving.

Selain wisata bahari, terdapat beberapa peninggalan sejarah di Pulau Banda Neira. Banda Neira memang tercatat sebagai pulau yang pernah dikuasai oleh pemerintahan kolonial Belanda karena kekayaan remah-rempahnya.

Perjalanan ke Banda Neira menggunakan penerbangan ke tujuan Bandara Pattimura Ambon. Kemudian dari Ambon, Anda bisa melanjutkan kembali penerbangan ke Banda Naira, namun harus diingat bahwa penerbangan Ambon ke Banda Naira ini hanya ada pada hari Senin, Kamis, dan Minggu.

Perjalanan yang ditempuh emang sulit, biayanya juga gak murah, namun semuanya pasti terbayar dengan keindahan Banda Naira beserta kulinernya yang lezat.

So, selamat menikmati liburan, ya!